Pemerintah El Salvador, Amerika Tengah Menjanjikan Pemberian Bitcoin Kepada Penduduknya

Pemerintah El Salvador, Amerika Tengah Menjanjikan Pemberian Bitcoin Kepada Penduduknya – Ada sekitar jutaan warga AS yang menerima bantuan segar dari pemerintah pada tahun 2020. Pemberian tesebut merupakan upaya bantuan pemerintah kepada warga akibat dampak dari pandemi virus Corona. Berbeda pemerintahan, berbeda pula cara pemerintah tersebut untuk memberikan bantuan kepada warganya. El Salvador misalnya, negara yang berada di kawasan Amerika Tengah ini tidak memberikan bantuan uang tunai tetapi dalam bentuk bitcoin. Bitcoin merupakan mata uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran melalui jaringan internet. Di beberapa negara dunia, bitcoin telah digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Esmitv – Pemerintah El Salvador menjanjikan akan memberikan bitcoin sebesar USD 30. Pemberian bantuan ini ditujukan kepada warga usia dewasa yang telah mendaftarkan dirinya melalui aplikasi Chivo. Pemberian bitcoin sendiri telah diumumkan secara langsung oleh Nayib Bukele selaku Presiden El Salvador melalui siaran televisi. Pemberian bitcoin sebagai bantuan kepada warga El Salvador merupakan bentuk promosi pemerintah akan penggunaan bitcoin yang akan digunakan sebagai jenis mata uang yang dilegalkan oleh pemerintah. Guna mendukung penggunaan mata uang digital ini, Presiden merencanakan akan merumuskan pembuatan undang-undang yang berisikan rencana pelegalan mata uang bitcoin. Undang-undang akan diberlakukan pada tanggal 7 September nanti.

Pemerintah El Salvador, Amerika Tengah Menjanjikan Pemberian Bitcoin Kepada Penduduknya

Menilik sejarah penggunaan bitcoin, El Savlador merupakan negara pertama yang menjadikan bitcoin sebagai pengganti uang real. Penggunaan bitcoin telah disetujui oleh anggota parlemen dan Presiden. Dengan diberlakukannya undang-undang bitcoin, peran dari mata uang digital ini setara dengan mata uang Amerika Serikat, yakni dollar. Di dalam undang-undang, semua pelaku usaha ekonomi memiliki kewajiban untuk menerima proses pembayaran jasa dan barang dengan bitcoin. Pemerintah bahkan akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan keuangan sebagai bentuk dukungan penggunaan mata uang bitcoin. Pemakaian bitcoin di El Salvador dapat digunakan pada sektor ekonomi, pariwisata, inovasi dan inklusi keuangan. Pemanfaatan bitcoin sebagai alat pembayaran didasari oleh berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah keberadaan fitur bitcoin yang dapat memberikan manfaat kepada para pengguna.

Baca juga : Mata Uang Digital yang Digunakan oleh El Salvador, Amerika Tengah

Peer to peer menjadi salah satu fitur bitcoin yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Jika diartikan, peer to peer berarti dapat berjalan tanpa menggunakan server pusat. Penyimpanan bitcoin telah terdistribusi dimana server akan dibagikan kepada para pengguna bitcoin yang terhubung pada jaringan internet. Bitcoin juga dapat ditransfer ke mana saja dengan mudah. Berbeda dengan emas, bitcoin dapat dikirim hanya dalam hitungan detik. Waktu dan tempat pengiriman dapat ditentukan oleh pengguna dengan mudahnya. Proses pengiriman mata uang bitcoin dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan smartphone. Transfer tidak hanya dapat dilakukan di dalam negeri melainkan juga dilakukan di luar negeri. Tidak hanya itu, berikut manfaat lainnya yang akan diperoleh pengguna selama menggunakan bitcoin:

a. Biaya transfer yang kecil
Transaksi transfer bitcoin terbilang sangat rendah. Pemilik bahkan kadang kala tidak akan dikenakan biaya tansfer sama sekali selama melakukan transfer.

b. Sifat transaksi yang irreversible
Transaksi bitcoin besifat irreversible. Ketika pengguna melakukan sekali transfer, transaksi tersebut tidak dapat mereka batalkan. Bitcoin dapat diperoleh kembali apabila penerima bersedia untuk mengirimkan bitcoin kembali.

c. Bersifat pseudonymous
Selain bersifat irreversible, transaksi bitcoin juga bersifar pseudonymous. Pengguna bitcoin tidak dapat mengetahui sosok pemilik alamat bitcoin orang lain. Mereka hanya dapat mengetahuinya ketika pemilik alamat bersedia untuk memberikan informasi kepada pihak lain.